Langsung ke konten utama

Instalasi Python di Windows

Cara mudah instalasi Python di Windows

Pada tutorial ini, cara instalasi dan bagaimana membuat "Hello World" sebagai pengujiannya. Disini saya menggunakan Visual Studio Code sebagai code editornya, alasannya ringan, dan sangat mudah digunakan oleh programmer pemula. Langsung saja ke langkah-langkahnya.

Hal yang dibutuhkan pada instalasi ini 


  1. Visual Studio Code
  2. Visual Studio Code Python extension
  3. Python 3

Langkah 1 : Pastikan sudah memiliki Visual Studio Code

Visual Studio Code
Jika kamu belum memilikinya, download dan install terlebih dahulu dari situs resminya di :
Download Visual Studio Code
Skip langkah ini jika anda sudah terinstall di PC kalian.

Langkah 2 : Install Extensi Python untuk VS Code


Pada langkah ini, install Extensi Python untuk VS Code yang bisa di dapatkan dari link resminya :

Fungsi dari extensi ini sebagai penghubung/jembatan antara VS Code dengan Python, selain itu juga fitur yang diberikan pada extendi ini antara lain : IntelliSense, linting, debugging, code navigation, code formatting, juga mendukung untuk Jupyter notebook.

Langkah 3 : Install Python 3

Situs Resmi untuk download Python
  1. Pertama, download terlebih dahulu Python 3 dari situs resminya : Python. Ukurannya sekitar 25MB saja
  2. Setelah itu, buka hasil dari download tadi, kemudian klik Install Now
     
  3. Tunggu saja proses instalasinya, proses ini tidak akan memakan waktu yang lama 
     
  4. Instalasi telah selesai, selanjutnya klik Close untuk mengakhiri
     

Langkah 4 : Membuat Folder Project (Workspace)

Pada langkah ini, hal yang pertama menguji versi python dengan CMD (Command Prompt).
  1. Buka CMD di Start
  2. Ketik dibawa ini pada Commad Prompt
  3. Pada cmd akan menampilkan versi python 
     
  4. Untuk langkah diatas hanya untuk menguji apakah versi sesuai dengan yg diinginkan. Selanjutnya membuat folder project menggunakan CMD dengan mengetik code dibawah ini pada Command Prompt. Penjelasan : "mkdir hello" untuk membuat folder baru yang bernama "hello", "cd hello" untuk masuk kedalam folder "hello" dan "code ."  pada code ini akan membuka VS Code secara otomatis dan memulai coding.
  5. [OPSIONAL] Skip juga gpp. Pada code diatas pembuatan folder project akan tersimpan pada default Windows (direktori C:\Users\). Kamu bisa menyimpan di drive D atau dimanapun dengan cara mengetik folder tujuan seperti contoh Z: maka folder project akan tersimpan pada drive Z: .

Langkah 5 : Membuat Hello World

  1. VS Code sudah terbuka, selanjutnya kita membuat file baru dengan cara klik New File
  2. Kemudian berinama sesuai keinginan kalian, disini saya menggunakan "coba.py" . Gunakan akhiran (extensi .py)
  3. Copy code dibawah ini 
  4. Jalankan, hasilnya berada dibawah Terminal VS Code 
Untuk lebih lanjut, silahkan baca dokumentasi bahasa pemerograman Python dari beberapa sumber rekomendasi yang mudah untuk dipelajari yang ada dibawah ini :

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT LAMPU DARURAT DENGAN AKI

                Ini memerlukan waktu kurang lebih 10 menit, langsung saja pada intinya tak perlu panjang lebar Bahan untuk membuat 11.         Capit buaya, gambar seperti ini   2.        AKI mobil atau motor yang 12V, kalau adanya 24V pakai driver IC LM7812 caranya ada di bawah   3.         Lampu LED putih, gambar seperti ini 4. Kabel secukupnya CARA MEMBUAT A.       Kupas kabel hubngkan dengan capit buaya dan juga lampu LEDnya B       Perhatikan terminal antara positif dan negative jangan sampai terbalik, untuk mengetahuinya pada lampu LED terdapat dua kabel yang berwarna putih yang berarti negative dan yang merah tentunya positif, dan juga jangan sampai terjadi konsleting karena akan merusak aki dan juga bias merusak lampu LED       C.       Kemudian kupas seleotip yang berwarna merah yang ada pada lampu LED untuk menempelkan pada aki, gambar berikut: Jika anda mempunyai aki 24V ma

CARA MEMBUAT TEST PANE DC

Test pane ini digunakan untuk memeriksa rangkaian perkabelan pada sepeda motor, aki, baterai ataupun yang menggunakan listrik DC. Test pane bisa dibuat dari test pane AC ataupun bekas. Dengan lampu indikator LED, maka cocok sekali untuk indikator tester karena awet dan tidak boros listrik. Bahan - bahan yang digunakan adalah:  Test pane AC atau bekas  Dioda 0.5 A  Resistor 1K Ohm  Lampu LED 5mm warna terserah anda  Kabel secukupnya  Capit Aki, yang digunakan yang minus(hitam) Capit Aki Test Pane Alat - alat 1. Tang kecil 2. Isinya tinta bolpoin Ada baiknya ketahui bagian dari bahan tersebut dengan melihat gambar Cara membuatnya 1. Lilitkan kaki dioda yang bagian Katoda pada isi tinta bolpoin untuk membuat spiral dengan tang kecil. 2. Sampai kaki dioda seperti gambar berikut  3. Selanjutnya potong kaki dioda yang bagian Anoda, dengan tang kecil, agar pas saat memasukan ke test pane separuh saja seperti gambar berikut,

DRIVER LAMPU LED AQUARIUM

            Kali ini adalah kita membahas proyek lampu ketika pada saat listrik padam yang secara otomatis akan tetap menyala atau sebaliknya jika listrik hidup lampu akan tetap hidup. Pada rangkaian ini tidak terlalu rumit untuk membuatnya atau anda bias buat sendiri DIY (do it yourself) dan kompnen mudah dicari di pasaran alias umum. Langsung saja pada intinya, disini kita menggunakan lampu hemat energy dan sangat efesien ketika digunakan yaitu adalah lampu LED / Light Emitting Diode atau dalam bahasa Indonesia dioda pemancar cahaya, dan tahukah anda lampu ini merupakan lampu yang memiliki umur pajang yaitu sekitar 10 tahun dan juga menggunakan voltase/tegangan kecil sekitar 3,7 Volt jadi sangat efesien untuk di gunakan dalam keadaan emergency / darurat. Untuk penyuplai (power supply) ini menggunakan transformator sadap tengah atau center tap (CT) dengan kuat arus 350 miliAmpere. Transfromator ini berfungsi untuk mengubah / mengtransformasi tegangan AC 220 Volt menjadi 6, 9, 12vol